DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI GURU, APKS PGRI KABUPATEN KEDIRI MENGADAKAN WORKSHOP ONLINE DENGAN MATERI: “CARA TEPAT NAIK PANGKAT – SERI PENDAMPINGAN PTK DAN ARTIKEL JURNAL”

Kemampuan menulis bagi guru sekarang sudah menjadi tuntutan. untuk pengembangan karir, guru wajib memenuhi syarat berupa karya tulis. Karya tulis yang dimaksud, dapat berupa buku, baik buku ajar maupun buku pengayaan, buku cerita, kumpulan puisi, novel, atau karya ilmiah. Karya ilmiah dapat berupa artikel yang diterbitkan di jurnal maupun majalah atau bulletin. Syarat ini seringkali menjadi   penghambat   kenaikan   jenjang   pangkat   bagi   guru   mengingat   rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka.

Selain menjadi syarat bagi pengembangan karir, menulis juga menjadi sarana bagipengembangan  diri  seorang  guru.  Guru  memiliki  banyak  potensi  dan  potensi  yang dimilikinya  akan  berkembang  secara  optimal  dengan  menulis.  Hal  ini  didukung  oleh banyaknya kondisi guru yang memperkuat peluang bagi berkembangnya kemampuan menulis. Pertama, guru selalu berinteraksi dengan ilmu pengetahuan yang bisa menjadi bahan untuk menulis. Kedua, guru selalu berinteraksi  dengan siswa dalam pembelajaran di kelas yang bisa menjadi sumber tulisan. Ketiga, guru sering berinteraksi dengan dunia pendidikan dan berbagai  kebijakannya yang dinamis yang selalu menuntutnya berpikir, mengeluarkan ide-ide inovatifnya. Keempat, banyaknya peluang lomba menulis, baik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan maupun Departemen Agama sebagai instansi yang menaunginya. Kelima, media massa menyediakan banyak rubrik pendidikan yang memungkinkan bagi guru untuk mengekspresikan gagasan-gagasan inovatifnya.

Banyak peluang menulis ada di depan mata para guru. Akan tetapi, sangat disayangkan peluang-peluang  tersebut  belum  banyak  dimanfaatkan oleh guru.  Keluhan tidak bisa menulis masih saja menjadi hambatan bagi guru untuk menangkap peluang- peluang  tersebut,  sehingga  pengembangan  diri dan karirnya  berjalan  tidak seperti  yang diharapkan.  Bahkan,  keluhan tidak bisa menulis juga menjadi  keluhan guru Bahasa Indonesia yang semestinya lebih dekat dengan dunia tulis menulis.

Munculnya  keluhan  tidak  bisa  menulis  di  kalangan  guru  tentu  saja  bukan  tanpa sebab.  Secara  umum  ada  beberapa  kendala  yang  bisa  ditemukan  sehingga  membuat tingkat  partisipasi  menulis  di  kalangan  guru  ini  rendah.  Pertama,  rendahnya  minat membaca  dan  minat  menulis.  Aktivitas  menulis  tidak  bisa  dilepaskan  dari  aktivitas membaca. Selama ini guru lebih banyak disibukkan dengan aktivitas mengajar di kelas sehingga  kewajiban  membaca  untuk  pengembangan  dirinya  menjadi  tidak  terpenuhi. Kedua, keterbatasan ketersediaan bahan bacaan yang bisa menjadi bahan tulisan. Ketiga, tidak adanya rasa percaya diri dan kurangnya pengalaman untuk menulis. Keempat, ketidakpahaman guru atas bekal-bekal keilmuan untuk bisa terampil menulis. Kelima, rendahnya motivasi untuk menulis.

Berangkat  dari  kondisi  tersebut,  Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Kediri  merasa  perlu  menyelenggarakan  pelatihan  menulis  untuk  para  guru.  Lingkup penulisan  diarahkan  pada penulisan  pada workshop ini adalah penulisan buku dan karya ilmiah. Hal ini mengingat  kedua jenis karya tulis itulah yang diperlukan oleh guru untuk memanfaatkan peluang-peluang seperti yang disebutkan.

Workshop ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pengetahuan tentang penulisan karya tulis untuk menunjang pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru; (2) Meningkatkan kemampuan menulis karya tulis di kalangan guru.

Workshop ini diorientasikan pada guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, mereka akan memetik manfaat kegiatan workshop ini apabila mengikuti kegiatan tersebut secara baik. Manfaat yang dimaksud, antara lain, adalah sebagai berikut: (1) Para guru memiliki motivasi dan rasa percaya diri untuk menulis, khususnya menulis buku, artikel ilmiah dan artikel ilmiah populer; (2) Para guru dapat mengembangkan potensi diri dan karirnya dengan menulis; dan (3) Para guru dapat menangkap peluang penulisan, baik di media massa maupun di berbagai penerbitan, baik mayor maupun minor.

Materi workshop Penulisan Karya Tulis Untuk Menunjang Pengembang Keprofesian Berkelanjutan ini terdiri dari empat materi pokok, yaitu: (1) Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Best Practice serta mengubah laporan PTK menjadi buku; (2) Menyusun artikel ilmiah untuk diterbitkan di Jurnal dan/atau disampaikan pada Forum ilmiah; (3) Menyusun Buku Ajar dan Buku Penunjang; (4) Menyusun artikel ilmian popular untuk diterbitkan di majalah, bulletin dan media massa.

Adapun pemateri dalam kegiatan Workshop ini adalah:

  1. Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si (dosen Universitas Negeri Malang)
  2. Mohamad Yasin, S.Kom, M.Kom (Dosen Universita Negeri Malang, Ketua Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Kediri)
  3. Dr. Trianto, M.Pd (CEO Penerbit Klik Media Lumajang)
  4. Priyandono, S.Pd (Pengawas Sekolah Cabdin Gresik, Penulis dan Wartawan)

Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Untuk Menunjang Pengembang Keprofesian Berkelanjutan untuk guru-guru ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 15 dan 16 Oktober tahun 2022. Kegiatan dalam workshop ini dikemas dengan pendekatan praktik, sehingga setiap peserta diharapkan dapat menghasilkan karya di akhir dari kegiatan workshop. Pertemuan dalam workshop ini menggunakan mode IN dan ON. Mode IN dilakukan secara online (IN), menggunakan meeting zoom sebanyak 4 kali. Tgl. 8,9, 15 dan 16 Oktober 2022. Mode ON dilakukan dalam bentuk pendampingan oleh para instruktur (ON) selama 2 hari. Tgl. 29 dan 30 Oktober 2022 (melalui grup WA). Dan diberi kesempatan mengerjakan tugas secara mandiri selama 14 hari.

Peserta workshop akan mendapatkan Kelengkapan untuk laporan pengembangan diri (SKP, kenaikan pangkat, dll.) berupa: Sertifikat diklat 32 JP dari PGRI Kabupaten Kediri, undangan, foto-foto bukti mengikuti diklat dan contoh laporan diklat dan wadah pembimbingan penulisan karya tulis melalui grup WA.

Untuk mengikuti workshop ini dapat melakukan pendaftaran melalui link di berikut ini bit.ly/pgrikti77. Atau dapat menghubungi nara hubung Ah. Burhanudin, M.Pd (081216370687) dan M. Aliyya Ilmi, S.Kom., M.M (085784114468).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *