Meskipun Pandemi
Ermila Susilo, S.Sos., M.Si.
Pandemi COVID 19 membawa hikmah yang luar biasa. Segala aspek kehidupan merasakannya. Hingga masyarakat pada tingkat dunia. Di tengah pandemi ini pendidikan harus tetap berjalan. Berbagai upaya dan terobosan dilakukan oleh pemerintah. Tak ketinggalan para guru sebagai pelaksana tugas yang memberikan pembelajaran bagi peserta didik. Diterapkannya belajar di rumah, kepanikan, keluhan yang ada bukan hanya pada siswa dan guru saja tetapi juga orang tua siswa. Banyak hal yang lucu, haru, menyenangkan, menyedihkan selama pembelajaran di rumah pada masa pandemic. Tentunya harus dengan bijaksana dalam menyikapi semua ini. Bagaimanapun juga masa pandemic harus kita hadapi dan lewati dengan beraktivitas tetap memenuhi aturan protokoler pencegahan penyebaran covid 19.
Belajar secara daring ( dalam jaringan) yang dilakukan guru dan siswa tentu harus betul-betul disiapkan dengan baik. Guru tidak hanya sekedar memberi tugas lalu siswa mengerjakan dan selesai. Secara teknis ada banyak sekali cara dalam memberikan pembelajaran online. Bagaimana materi yang disampaikan siswa dapat terserap dengan baik serta siswa dan guru pun tidak merasa jenuh atau monoton. Tentunya juga disesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa. Ada perbedaan ketika memberikan pembelajaran siswa secara daring antara jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, maupun pada Perguruan Tinggi. Teknik pembelajaran daring tentunya juga menyesuaikan mata pelajaran atau materi pelajaran agar guru dan siswa memperoleh tujuan yang diharapkan.
Perubahan Sosial merupakan materi yang dipelajari siswa kelas XII IPS dalam mata pelajaran SOSIOLOGI. Sangat menarik dan pas sekali dengan situasi saat ini, era pandemi. Mengantarkan materi secara konseptual maupun faktual dan memberikan tugas untuk siswa terkait materi Perubahan Sosial bisa bervariasi. Diantaranya saat memberikan materi tentang dampak perubahan sosial dengan tugas sbb : “Setiap hal yang ada atau terjadi dapat memunculkan dampak positif atau dampak negatif. Tidak terkecuali dengan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Disadari atau tidak disadari, perubahan sosial membawa dampak positif dan/atau dampak negatif. Selama pandemi kegiatan belajar mengajar juga banyak terjadi perubahan. Sebutkan apa saja dampak positif dan/atau dampak negatif selama pembelajaran daring !” Jawaban siswa sangat beragam sekali dalam menyikapi dampak-dampak perubahan tersebut. Berikut tiga jawaban siswa yang diambil secara acak :
Siswa A :
Dampak positif : siswa bisa terhindar dari infeksi covid 18
Dampak negatif : siswa harus memahami sendiri materi pelajaran yang dikirim oleh guru secara mandiri. Padahal tidak semua siswa dapat memahami materi tanpa diterangkan secara langsung oleh gurunya.
Siswa B :
Dampak Positif :
Kita bisa mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri dimana pun kita berada,baik dirumah maupun ditempat" umum lainnya.sesuai keinginan hati kita masing - masing.
Kita bisa belajar baik diruangan tertutup ataupun diruangan yang terbuka,selain itu kita bisa belajar dengan bebas tanpa ada batasan waktu yang biasa ditetapkan untuk setiap mata pelajaran sehingga kita lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut.
Pembelajaran secara online dapat mengefisienkan waktu belajar kita dimana pun kita berada (saat sedang sibuk maupun sedang bersantai-santai).
Pembelajaran online akan memudahkan siswa untuk menikmati pendidikan dimana yang dia inginkan tanpa terkendala oleh biaya, waktu dan tempat.
Dampak Negatif :
Keterbatasan kemampuan teknologi yang dimiliki pelajar.
Kegiatan belajar mengajar yang tidak sama efektifnya dengan pembelajran tatap muka. Banyak pelajar yang keberatan karena pembelajran tidak efektif didapatkan.
Banyaknya mahasiswa yang menyalah gunakan sistem belajar online,dan menggunakan waktu belajarnya ini dengan hal-hal yang bisa dibilang kurang penting,dan itu bisa merugikan dirinya sendiri
Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran tersebut,sehingga banyak peserta didik yang tidak manfaatkan waktu pembelajaran tersebut dengan sebaik-baiknya.
Siswa C :
Dampak Positif
Mendapatkan berbagai macam bentuk materi dengan sangatlah mudah dan juga belajar melakukan pengevaluasian daripada pembelajaran sendiri yang dimanapun kita berada.
Pembelajar online akan melakukan pemudahan daripada siswa untuk mendapatkan pendidikan dari manapun untuk melakukan pendidikan dimana yang dimana mereka ingingkan tanpa memiliki sebuah kendala biaya, waktu hingga tempat.
Dampak Negatif
Banyaknya orang yang tidak melakukan pemanfaatan terhadap waktu daripada pembelajaran online maupun kurang melakukan pemanfaatan dari kegiatan untuk belajar online, sehingga kita akan mendapatkan berbagai macam bentuk waktu daripada belajar online dengan membuka facebook.
Semakin banyaknya orang yang dimana akan melakukan penyalahgunaan daripada sistem belajar online sehingga waktu yang akan digunakan menjadi kurang penting dan merugikan pembelajar itu sendiri.
Kita jadi sering memegang ponsel dan kurang baik untuk kesehatan apalagi mata.
Sangat menarik sekali apabila jawaban-jawaban siswa jika dikaji lebih lanjut. Disamping itu ada juga tugas ringan yang mengajak siswa mengungkapkan pendapatnya : “Buatlah kalimat dengan diawali kata meskipun! (Kalimat yang Anda buat bebas asal berhubungan dengan perubahan terkait pandemi covid)” Berikut tiga jawaban siswa secara acak:
Siswa A :
Meskipun sekarang musim pandemi covid 19 proses belajar mengajar tidak terhambat secara total karena hampir semua sekolah banyak yang melakukan pembelajaran secara online
Siswa B :
Meskipun virus covid 19 telah melanda Indonesia dan semakin menyebar luas mengakibatkan banyak korban, kita harus tetap menjaga kesehatan dan tetap melanjutkan pendidikan meskipun melalui pembelajaran daring dan tidak bertatap muka, perubahan itu terjadi karena agar tidak adanya penularan dari masing" orang. Dulunya bisa belajar di sekolahan sekarang harus di rumah saja.
Siswa C :
Meskipun pandemi Covid 19 ini belum berakhir, kita harus semangat untuk belajar apalagi pembelajaran kita lakukan yg sebelumnya tatap muka dan sekarang harus secara daring. Harus berpositif tingking bahwa wabah ini akan berakhir.
Sederhana sekali dengan satu kata meskipun, siswa dapat mengungkapkan hal yang terkait perubahan di masyarakat pada era pandemi ini, materi Perubahan Sosial tersampaikan pada siswa. Pada akhirnya seperti dalam sebuah ungkapan : Jika ada kemauan bisa dengan 1000 cara, pun jika ada ketidakmauan bisa dengan seribu alasan. Selalu ada hikmah pada setiap kejadian. Salam sehat tetap semangat.
Alhamdulillah👍
Semangat menulis